30.9 C
Jakarta
Kamis, Juli 18, 2024
- Advertisement -spot_img

Kolaborasi Padat dan Menyenangkan di Video Klip Terbaru SCARHEAD BARRICADE

- Advertisement -spot_img

Layaknya kondisi dunia sekarang yang panas dan padat. Itulah gambaran untuk video klip terbaru dari unit Metal asal Palu, Scarhead Barricade. Intens, penuh keringat, dan penuh dengan kesenangan. Single yang dibuatkan bentuk visualnya ini, bukanlah lagu lama. Baru saja dirilis pada bulan April, yang mana bisa didengarkan untuk pertama kalinya di situs pengarsipan bernama Bring Archive History, dan kemudian disusul di berbagai layanan musik dalam digital. Di lagu ini, Scarhead Barricade mengajak serta salah satu punggawa Hip Hop dari kolektif Blurum, yang bernama Aree. Oh ya, di sini untuk pertama kalinya posisi vokal dipegang oleh sang gitaris, Ayad. Memang band ini seperti dikutuk kalau bicara perihal vokalis. Beberapa kali posisi tersebut selalu tergantikan, dan akhirnya diisi oleh si gitaris itu sendiri.

Single berjudul “Joyfully” ini secara garis besar membicarakan soal rasa bersyukur yang jangan sampai hilang dari keseharian kita. Selalu mensyukuri akan apa yang telah diberikan oleh sang pencipta, dan bersyukur tidak hanya dilakukan dalam wacana tapi juga perbuatan.

“Joyfully yang termaksud adalah bersyukur dalam bentuk perbuatan. Bersyukur dalam garis besar mengakui bahwa kita hanya mahkluk ciptaan. Maka diwajibkan hubungan vertikal itu harus tersambung dengan atau bisa dibilang keyakinan kita dalam kepercayaan. Bersyukur tidak hanya di mulut melainkan dilengkapi dengan perbuatan.” Tutur Ayad (frontman sekaligus vokalis).

Seperti yang sudah dijelaskan di atas. Di single ini mereka mengajak Aree dari kolektif Blurum untuk mengisi part Rap, yang mana ini adalah kolaborasi yang cukup baru dilakukan di Palu. Di mana Metal dipadukan dengan Hip-Hop. Alasan utama Aree diajak untuk berkolaborasi adalah untuk meramaikan warna musik yang sudah biasa, menjadi lebih luar biasa. Terlebih, skena Hip-Hop di Palu sedang aktif-aktifnya, jadi tidak ada salahnya untuk menggabungkan dua hal ini untuk menjadi sesuatu yang baru.

“Biar lebih gaul saja iseng-iseng haha. Kebetulan juga skena Hip-Hop di Palu terus bermunculan, apa salahnya kalau diajak berkolaborasi biar lebih berwarna saja Grindcore ini, seperti tidak pada umumnya.” Terang Ayad lagi.

Video klip ini sendiri diambil bertepatan dengan penampilan Scarhead Barricade di sebuah gigs persembahan kolektif Fraction, yang bernama Fearless. Pengambilan video dipercayakan penuh kepada Movement, sebuah tim videografer/fotografer yang namanya sudah wara-wiri di Palu. Bukan perkara mudah untuk syuting di sebuah gigs yang mana penampilnya adalah band Metal. Menghindari pukulan dan tendangan dari para penonton yang sedang moshpit sudah pasti wajib dilakukan. Hal ini pula yang menjadi tantangan Ghostusil (sutradara sekaligus editor) dan timnya untuk menggarap video klip ini. Di video ini, Ghostusil mencoba untuk mengkombinasikan video footage dan lirik. Selain itu, dirinya juga memakai teknologi AI untuk mempermanis tampilan yang ada, sekaligus menambah warna baru di video klip band Palu yang belum pernah ada sebelumnya.

“Di sini saya coba kombinasi live music semi semi video klip, tapi karena sound record-nya kurang bagus akhirnya di-mix dengan audio originalnya. Ditambah lirik untuk pemanisnya, beberapa editing videonya terinspirasi dari Asking Alexandria. Kalau untuk isi videonya kita menggambarkan identitas Scarhead dengan musik cadasnya. Untuk penggunaan AI, saya coba pakai kombinasi Midjourney + Stable Diffusion), dengan kata kunci “Cyberpunk Style”. Nah karena pengambilan gambar ini dilakukan di gigs, jadi memang agak sulit, beda dengan konser. Soalnya gigs crowd-nya sulit terkendali, rawan pukulan dan tendangan . Itu tantangan terbesar untuk kami.” Tutur Ghostusil.

Menyenangkan bisa melihat geliak ekosistem musik di Palu bisa berkembang seperti sekarang. Kolaborasi-kolaborasi memang harus lebih sering digalakan. Gunanya agar kekurangan yang ada bisa tertutupi oleh kelebihan yang dimiliki oleh pihak lain. Dan yang paling penting lagi adalah, tubuh berkembang bersama menciptakan sesuatu yang menarik untuk disimak. Video klip “Joyfully” ini sudah bisa disaksikan di kanal YouTube milik Scarhead Barricade.

- Advertisement -spot_img
Musicoloid
Musicoloidhttps://musicoloidnews.com
MUSICOLOID NEWS is an online news media that contains information about the world of music, from the latest album releases and singles from various Indonesian independent bands as well as information on the best music events from all over Indonesia.

Related Articles

- Advertisement -spot_img

For Your Day

- Advertisement -spot_img