28.9 C
Jakarta
Selasa, April 30, 2024
- Advertisement -spot_img

Kenalan Dengan Argenta Band Pop Punk Asal Depok

- Advertisement -spot_img

Argenta merupakan band Alternative Rock asal Depok atau yang biasa dikenal dengan aliran Pop Punk / Punk Melodic / Easycore oleh kalangan skena musik indie.

Dibentuk oleh Roma & PJ pada tanggal 2 Juni 2011, dengan formasi: Roma Akbar Hady (Vocal), Dimas “Uda Padang” Haryodiningrat (Gitar & Back Voc), Gallanta Arga Dinata (Lead Gitar), Agung Hermawanto (Bass) dan Ricky PJ (Drumm).


AWAL TERBENTUKNYA ARGENTA

Terbentuknya Argenta terjadi karena persaingan dua individu disebuah kampus, Roma dan PJ. Mereka selalu bersaing dengan band mereka masing masing untuk menjadi ‘band terbaik’ di kampusnya.

Suatu hari, Roma dan PJ tidak sengaja bertemu satu sama lain di kosan teman mereka. Mereka mulai berkenalan dan berbincang-bincang tentang musik. Mereka menyadari bahwa mereka memiliki passion yang sama dalam bermusik, hingga akhirnya PJ mengajak Roma untuk membentuk band bersama di luar kampus mereka.

PJ ingin menjadi Drummer di band baru mereka dan Roma tetap ingin menjadi vokalis. PJ menyerahkan perburuan sisa personil kepada Roma, karena kebetulan Roma memiliki beberapa kenalan dimasa lalu.

Dimulai dengan mantan personil band Roma waktu SMA, anak Punk x Hardcore yang bisa membuat lagu dan tidak pernah menolak ajakan band. Dimas, atau biasa dikenal dengan panggilan “Padang” merasa bebas untuk mengisi posisi dimana saja.

Tersisa 2 slot, Roma mencoba menghubungi beberapa orang yang ia rasa cocok untuk bergabung dengan bandnya. Gallant, mantan personil band Roma waktu mengikuti Bimbel sekolah. Gallant adalah seorang Metalhead yang doyan nge-shredding, menempatkan Gallant pada posisi Lead Guitar.

Mengikuti saran Gallant, Roma menghubungi Royhan yang pernah satu band dengan mereka berdua ketika mengikuti bimbel sekolah. Mengisi posisi sebagai Bassist, Royhan pun melengkapi kekurangan personil Argenta.

Pada tanggal 2 Juni 2011, sebuah band baru terbentuk dengan formasi awal: Roma Akbar Hady (Vocal), Dimas “Uda Padang” Haryodiningrat (Gitar & Back Voc), Gallanta Arga Dinata (Lead Gitar), Royhan (Bass) dan Ricky PJ (Drumm).

ARTI DIBALIK SEBUAH NAMA

Awalnya ARGENTA diberi nama ‘IGNEOUS’ oleh Gallant, yang berarti batuan beku.Gallant menjelaskan, bahwa band ini terbentuk dari berbagai background musik personilnya yang berbeda-beda.

Ricky yang suka musik emotional dan alternatif, Roma yang suka musik upbeat dan scream, Padang yang suka musik Punk & Hardcore, Royhan yang lebih ke ‘j-Style’ dan Gallant si Metalhead.

Mengkorelasikan pemahaman Geografinya dengan band yang tidak begitu dimengerti personil lain.

Di sesi latihan kedua, mereka mulai memiliki lagu sendiri yang berjudul ‘Satu Titik Cerah’. Dari isi cerita lagu ini ditambah dengan ucapan Gallant sebelumnya soal latar belakang yang berbeda, sebuah nama mulai tersirat dipikiran Padang. ARGENTA.

Nama Argenta diambil dari kata silver lining dan dual influence.

Kata silver lining yang berarti ‘Hal positif dari situasi yang tidak menyenangkan/ menguntungkan’. Seperti isi dari lagu ‘Satu Titik Cerah’.

Dan kata dual influence yang diambil dari latar belakang musik dan sifat yang berbeda beda dari masing-masing personil band.

Kedua kata ini yang akhirnya memantapkan lagu lagu ARGENTA kedepannya, bercerita tentang pahit manis nya kehidupan. Dimulai dari masa masa sulit hingga bangkit dari keterpurukan. Sebuah keadaan yang biasa terjadi dikehidupan seseorang.

AWAL KARIR

Setelah melakukan beberapa sesi latihan bersama, ARGENTA siap untuk tampil di depan publik dengan mengantongi 3 buah lagu; Satu Titik Cerah, Ambisimu dan Memacu Adrenalin.

Tawaran tampil pertama ARGENTA merupakan sebuah Pemaran Teknologi & Lifestyle yang diadakan oleh kampus ternama di Jakarta. ARGENTA mendapatkan respon yang positif dari penyelenggara acara dan dari sinilah ARGENTA mulai terpacu untuk melangkah lebih jauh.

ARGENTA mulai mengantongi beberapa tawaran untuk tampil di beberapa event dan kegiatan dalam beragam jenis. Dimulai dari perform di tempat terbuka, interview dibeberapa media lokal, kompilasi album, hingga tawaran di stasiun tv indie lokal.

ARGENTA juga memantapkan karier mereka dengan merilis EP berisi lima lagu dan video klip ‘Ambisimu’ di tahun 2012. Di titik ini, ARGENTA mulai memantapkan kaki mereka ke panggung yang lebih besar, dengan mulai mengisi acara di event dan tempat komersil.

HIATUS

Namun, ditahun 2014, sebuah transisi yang tidak diduga terjadi. Dimana personil ARGENTA mulai dihadapi dengan stigma sosial masyarakat, yaitu Bekerja’.

Royhan mulai dinas mengikuti program pelatihan Pertamina dan Gallant yang mulai sibuk dengan program kerja lapangan. Hingga akhirnya di penghujung tahun 2014, Padang pindah ke Batam untuk bekerja penuh waktu disebuah Perusahaan Logistik. Disusul Roma dan PJ yang mulai menjajah dunia pekerja.

Dititk ini ARGENTA secara resmi vakum untuk waktu yang tidak ditentukan.

COMEBACK

Setelah vakum selama 7 tahun, akhirnya ARGENTA bertemu kembali. Sebuah pesan WA sederhana dari Roma mulai mempersatukan ARGENTA di pertengahan tahun 2021.

Padang yang kini sudah bekerja di Jakarta, memudahkan ARGENTA untuk memulai kembali. Dengan membawakan lagu lagu mereka sebelumnya ARGENTA mulai latihan kembali.

Namun sayang untuk Royhan, schedule dinas kerjanya membuatnya susah untuk kembali.

Berselang beberapa bulan kemudian, posisi Royhan diisi oleh Agung Hermawanto sebagai pemain Bass, teman satu kuliah Gallant yang hobi musik Nu-Metal dan J-style.

Lengkap dengan formasi: Roma Akbar Hady (Vocal), Dimas “Uda Padang” Haryodiningrat (Gitar & Back Voc), Gallanta Arga Dinata (Lead Gitar), Agung Hermawanto (Bass) dan Ricky PJ (Drumm). ARGENTA kembali aktif didunia musik untuk menyalurkan passion masing masing.

Di penghujung tahun 2021, ARGENTA mendapatkankan event pertama mereka setelah vakum 7 selama tahun. Dari titik ini, ARGENTA kembali fokus menata musikalitas mereka meski memulai dari awal.

Saat ini, ARGENTA fokus merekam ulang lagu lagu mereka sebelumnya dan berencana merilis ulang EP mereka dengan arasemen yang berbeda, sembari mengenalkan diri ke skena musik lokal dan nasional.

- Advertisement -spot_img
Musicoloid
Musicoloidhttps://musicoloidnews.com
MUSICOLOID NEWS is an online news media that contains information about the world of music, from the latest album releases and singles from various Indonesian independent bands as well as information on the best music events from all over Indonesia.

Related Articles

- Advertisement -spot_img

For Your Day

- Advertisement -spot_img