31.1 C
Jakarta
Jumat, Februari 3, 2023
- Advertisement -

Kopral Jono, Sebuah Langkah Awal Untuk Membuka Album Tribute To Ismail Marzuki

- Advertisement -

Oooo…Kopral Jono..Dikau rebutan para gadis juwita.

Sebuah lirik yang mudah diingat dari karya maestro Ismail Marzuki yang menceritakan seorang prajurit gagah nan rupawan idola gadis pada masanya.

Lagu dengan aransemen perjuangan mungkin jarang didengar oleh anak muda jaman sekarang yang cenderung memilih genre musik kekinian. Padahal karya Sang Maestro Ismail Marzuki banyak berpengaruh terhadap perkembangan musik di Indonesia. Bahkan beliau adalah komponis yang bergelar Pahlawan. Berawal dari keresahan kami untuk ingin kembali memperkenalan lagu dari Bang Ma’ing, sapaan Ismail Marzuki, dan bertepatan pula dengan kemerdekaan Republik Indonesia, kami akan membawakan aransemen berbeda dari lagu berjudul Kopral Jono ini sekaligus membuka album tribute kepada Sang Komponis.

Sejak 8 tahun kami berdiri, ini akan menjadi album tribute pertama yang dibuat oleh Sisitipsi. Bersama dengan Triple S Music sebagai label yang akan menaungi Sisitipsi dalam pembuatan album tribute kepada Ismail Marzuki. Album ini dijadwalkan rilis pada akhir tahun ini. Sebagai pembukanya, Sisitipsi merilis lagu “Kopral Jono” pada tanggal 17 Agustus 2022, serta sebagai wujud semangat kami dalam mengobarkan semangat kemerdekaan bangsa tercinta ini yang berusia 77 tahun.

Kopral Jono aransemen kami, bernuansa gipsy jazz dan bluegrass. Secara musik sebenarnya masih sama seperti lagu Sisitipsi lainya yang lekat dengan irama brass dan contrabass. Penggarapan single dan album ini dikerjakan di Studio Earhouse milik Endah n Rhesa. Sedangkan untuk mixing dan mastering lagu dibantu oleh Rendy Kopay.

Harapan kami untuk album ini adalah mengenalkan kembali karya Ismail Marzuki yang fenomenal pada masanya kepada generasi sekarang dan mendatang. Perlu diketahui Ismail marzuki merupakan komponis kebanggaan Indonesia yang tumbuh di kawasan Cikini tempat dimana Sisitipsi lahir.

Semoga semangat kami dalam memperkenalkan kembali lagu Ismail Marzuki ini dapat menginspirasi generasi sekarang untuk terus berkarya dengan hal hal yang positif, layaknya Sang Pahlawan Komponis, Ismail Marzuki.

Tentang Sisitipsi
Sisitipsi adalah band Dirty-Jazz beranggotakan enam orang yang dibentuk pada Maret 2014 di Jakarta, Indonesia dengan nama “Flyover”, saat itu Rian mengundang Fauzan, Eka, Amor, Angga dan Koko untuk tampil di Parade Kampus Seni Teater Seluruh Kampus Indonesia (PTKSI ) Acara Parade di Teater Liser IKJ. Usai acara, nama “Flyover” diubah menjadi Sisitipsi. Terinspirasi graffiti di dinding kampus “Awas Sisitipsi” yang menjadi sindiran birokrat IKJ karena memasang banyak CCTV, akhirnya kesepakatan kemudian nama Sisitipsi menjadi identitas baru

- Advertisement -
Musicoloidhttps://musicoloidnews.com
MUSICOLOID NEWS is an online news media that contains information about the world of music, from the latest album releases and singles from various Indonesian independent bands as well as information on the best music events from all over Indonesia.

Related Articles

- Advertisement -

For Your Day

- Advertisement -