26.7 C
Jakarta
Rabu, Mei 1, 2024
- Advertisement -spot_img

Koplochestra Percaya Diri Rilis Karya Dangdut Koplo Orisinil

- Advertisement -spot_img

Di tengah banyaknya musisi yang mengaransemen ulang atau mengcover karya musisi lain menjadi koplo, Koplochestra, band dangdut koplo asal Jakarta, justru percaya diri merilis single orisinil perdana mereka yang berjudul “Yakinkan Dirinya”. Perilisan single tersebut dilakukan secara serentak pada 19 Januari 2022 ke seluruh platform musik digital.

Unit musik yang beranggotakan 9 orang ini memilih lagu “Yakinkan Dirinya” sebagai single perkenalan karena dianggap cukup mewakili warna musik yang mereka usung. Dengan vokal bercengkok dangdut, lirik yang bertema cinta & keseharian, musik yang mendayu-dayu khas melayu, lalu dipadukan dengan gendang koplo, maka jadilah lagu sendu yang syahdu sekaligus menghentak untuk bergoyang, khas dangdut koplo.

“Yakinkan Dirinya” bercerita tentang seseorang yang pergi meninggalkan kampung halamannya untuk bekerja demi meyakinkan pasangan sekaligus keluarga sang pasangan agar dapat menerimanya. Cerita tersebut diangkat menjadi sebuah lagu karena cukup relate dengan pasangan yang terpisah jarak dan waktu, alias LDR, sehingga lagu ini diharapkan dapat menjadi penguat bagi mereka yang sepenanggungan.

Proses pengerjaan single “Yakinkan Dirinya” dilakukan di  Studio Musik Starlight, Jakarta Timur, begitu pun dengan proses mixing & mastering-nya yang dilakukan di tempat sama oleh Lucky Aditya.

Selain sebagai lagu perkenalan, Yakinkan Dirinya juga merupakan single dari mini album Koplochestra yang rencananya akan dirilis di tahun ini juga.

Tentang Koplochestra

Koplochestra adalah Ahmad Baesuni/Abe (vokal), Lucky Aditya/Kay (gitar akustik), Firdaus Maulana/Daus (ukulele), Jati Seno (gitar elektrik), Hadi Permana/Bing (Bass), Judah Adisurya (keyboard), Aresa Eka Yunarna (gendang), Vian Putra (Drum), dan R. Deyu (Perkusi).

Pertemuan mereka semua diawali dari kecintaan mereka terhadap Alm. Didi Kempot dan sepakat membuat band cover yang membawakan lagu-lagu beliau. Seiring berjalannya waktu, mereka memutuskan untuk mulai membuat materi sendiri untuk dimainkan sekaligus mencari nama sebagai identitas mereka. Dengan tetap mempertahankan musik koplo sebagaimana idola mereka, Alm. Didi Kempot, lalu dipadukan dengan bahasa nasional, bukannya bahasa daerah, mereka sepakat memilih Koplochestra, yang merupakan akronim dari Koplo Orkes Nusantara.

- Advertisement -spot_img
Musicoloid
Musicoloidhttps://musicoloidnews.com
MUSICOLOID NEWS is an online news media that contains information about the world of music, from the latest album releases and singles from various Indonesian independent bands as well as information on the best music events from all over Indonesia.

Related Articles

- Advertisement -spot_img

For Your Day

- Advertisement -spot_img